Angin Puting Beliung Hantam Puluhan Rumah Warga di Sergai

SERGAI (medanbicara.com)- Bencana angin puting beliung menerjang 5 kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Kamis (22/7/2021) petang kemarin.

Terjangan angin puting beliung ini merusak 53 unit rumah warga, 3 unit fasilitas umum, ada yang atapnya terangkat, hingga bangunan roboh dihantam angin hingga nyaris rata. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

“Ada 53 rumah penduduk dan 3 unit fasilitas umum rusak,” ujar Kepala BPBD Sergai, H Henry Suharto ketika dikonfirmasi wartawan, Jumat (23/7/2021).

Ia merincikan puluhan rumah dan fasilitas umum yang rusak berada di lima kecamatan yakni di Kecamatan Tebing Tinggi sebanyak 4 rumah, dan 1 Sekolah Dasar Negeri 104328.

Kecamatan Sipispis sebanyak 21 rumah, dan 1 Puskesdes, 1 gardu wakaf, Kecamatan Serbajadi 2 rumah, Kecamatan Pegajahan 1 rumah, dan Kecamatan Dolok Masihul 24 rumah.

“Terjadi curah hujan tinggi disertai angin kencang, yang berdampak rusaknya rumah penduduk dan gedung fasilitas umum,” kata Henry.

Ia menjelaskan korban jiwa nihil sementara para korban mengungsi di rumah saudara dan tetangga.

“Upaya yang dilakukan membuat dapur umum, pemanfaatan fasilitator Desa (Fasda) dan posko. Survei dan pendataan para korban, serta persiapan penerbitan SK Darurat Bencana,” tukasnya.(Mpc)

Mungkin Anda juga menyukai