Kapoldasu dan Pangdam I/BB Kunker di Sergai, Tabur Bibit Ikan dan Pakan Ternak Sampai Panen Raya

Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin bersama Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah, melaksanakan kunjungan kerja ke Dusun III, Pasar Bengkel, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdangbagai. (Ist)

Sergai (medanbicara.com)-Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin bersama Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah, melaksanakan kunjungan kerja ke Dusun III, Pasar Bengkel, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdangbagai.

Dalam kunjungan kerja itu, Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB melaksanakan kegiatan program ketahanan pangan dengan menabur 75 bibit ikan serta memberikan bantuan 1 ton pakan ternak kepada masyarakat sekitar.

Kedatangan Kapolda Sumut bersama Pangdam I/BB itu pun disambut Bupati Serdangbegadai, Soekirman, Kapolres Serdang Bedagai, AKBP Robin Simatupang, serta Forkopimda Serdang Bedagai.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, Bupati Serdangbedagai Soekirman, Kapolres Serdangbedagai AKBP Robin Simatupang, serta para PJU lainnya juga meresmikan Kampung Bertuah binaan Polres Serdang Bedagai, di Desa Bingkat, Kecamatan Pengajahan, Kabupaten Serdang Bedagai.

Kapolda Sumut bersama rombongan lainnya langsung meninjau kawasan pemukiman warga yang telah memiliki posko, posyandu, dampur umur, rumah isolasi, dalam menangani penyebaran Covid-19.

Tak hanya itu, mantan Asops Kapolri ini juga meninjau tempat yang menjadi penghasilan warga di Desa Bingkat. Melihat kedatangan Kapolda Sumut meresmikan Kampung Bertuah mendapat sambutan hangat dari masyarakat dan mengapresiasi kunjungan kerja tersebut.

“Saya meresmikan Kampung Bertuah ini karena masyarakatnya sadar tentang bahaya penyebaran Covid-19,” kata Martuani.

Martuani mengimbau, kepada masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak, serta rutin cuci tangan atau menggunakan handsanitizer menuju penerapan tatanan hidup baru (new normal life-red).

“Sudah empat desa yang saya resmikan karena mampu menangani Covid-19. Diharapkan dengan adanya Kampung Bertuah di Desa Bingkat dapat menjadi contoh di 273 desa lainnya dalam mencegah penyebaran pandemi mematikan tersebut,” katanya.

Kedatangan Kapolda sumut bersama Pangdam I/BB dan rombongan disambut dengan tarian daerah persembahan yang dilanjutkan peninjauan hasil inovasi ketahanan pangan serta hasil pertanian dan peternakan masyarakat Desa Bingkat

Wilayah Kabupaten Sergai merupakan pemekaran dari wilayah Deli Serdang dan sudah berusia 15 tahun. Memasuki usia tersebut, Kabupaten Sergai harus mampu tampil dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Pandemi Covid-19 masih berlangsung dan hingga saat ini vaksinnya belum ditemukan. Oleh karena itu masyarakat harus mengikuti instruksi yang diberikan Kepala Desa serta mematuhi protokol kesehatan seperti gunakan masker, rajin mencuci tangan serta jaga jarak.

Saat ini yang berbahaya adalah OTG atau orang tanpa gejala yang memiliki imunitas baik namun menularkan virus kepada orang yang memiliki imun lemah.

“Maka dari itu protokol kesehatan harus tetap diterapkan saat menjalankan aktivitas sehari-hari,”ujarnya

Meski di tengah pandemi, masyarakat harus tetap produktif agar perekonomian kembali stabil meningkat. Sumber daya alam yang telah ada dirawat dan dijaga agar masyarakat sejahtera dan tidak ada yang kelapran

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Sumut mengucapkan terimakasih dan apresiasi tinggi kepada Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa yang telah berperan aktif dalam membantu menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di Desa Bingkat

Kapolda Sumut meminta perangkat desa untuk membantu masyarakat apabila ada terjadi suatu permasalahan di desa diselesaikan dengan cara musyawarah untuk mendapatkan solusi yang terbaik

“Saya harap Desa Bingkat dapat menjadi pilot project atau contoh bagi desa lain untuk menciptakan kampung paten sehingga masyarakat di wilayah Serdang Bedagai semakin sejahtera. Desa ini harus menjadi contoh untuk keamanan dan ketertiban. Kalau ada yang terlibat penyalahgunaan Narkotika segera dilaporkan. Harapan saya Desa Bingkat dapat mengangkat nama kkecamatan Pegajahan sehingga dikenal masyarakat luas,” harap Kapolda Sumut.

Diketahui, selain memberikan bantuan 75 ribu bibit ikan dan 1 ton pakan ternak rombongan Kapoldasu serta Pangdam I/BB juga melaksanakan panen raya dalam rangka masyarakat produktif mewujudkan ketahanan pangan di tengah Covid-19.

Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, MSi bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, MA, MSc mengikuti Pesta Panen Raya Nusantara TNI-Polri dengan Kapolri dan Panglima TNI secara virtual bertempat di Dusun III Desa Pasar Bengkel, Kec Perbaungan, Kab Sergai, Kamis (09/07/20).

Acara ini turut dihadiri oleh Bupati Sergai Ir H Soekirman beserta unsur FKPD Kab. Sergai, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang, SH, MHum dan personel jajaran beserta para tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Kegiatan Pesta Panen Raya TNI-Polri ini merupakan program berkelanjutan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di seluruh Indonesia sekaligus pelestarian lingkungan di pesisir pantai

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Desa Ketapang, Kabupaten Tangerang dilaksanakan panen udang, penyemaian bibit ikan lele, tanam bibit jagung, bakti sosial serta launching 7.024 Kampung Tangguh Nusantara.

Acara ini diikuti dan disaksikan oleh Polda, Kodam dan unsur FKPD di seluruh wilayah Indonesia melalui sarana video conference sebagai bentuk sinergitas TNI-Polri dalam membantu meningkatkan perekonomian masyarakat akibat dampak Covid-19 di Indonesia untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Sembari mengikuti Pesta Panen Raya, Kapolda Sumut bersama Pangdam I/BB didampingi Bupati Sergai dan Kapolres Sergai juga melaksanakan panen raya di lokasi pembudidayaan ikan air tawa Primkoppol Polres Sergai.

Disana, Kapolda Sumut panen 17 ton ikan patin, menabur 50 ribu bibit ikan serta memberikan 1 ton pakan ikan dan 25 ribu bibit ikan kepada plasma peternak ikan guna meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat yang terdampam Covid-19 di wilayah Serdang Bedagai. (yung)

Mungkin Anda juga menyukai