Ribuan Umat Islam Kota Tanjungbalai Salat Idul Fitri di Alun Alun Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah

Tanjung Balai (medanbicara.com)-Plt Wali Kota Waris Tholib mengatakan, tetap menjaga motivasi dan semangat dalam beribadah, meneladani Rasulullah SAW menjaga semangat hidup rukun, simpati, dan empati kepada yang lain.

Hal ini disampaikan Plt Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Tholib yang hadir mengikuti Salat Idul Fitri didampingi Plt Ketua TP-PKK Hj Fatiah Haitami Waris dan keluarga. Tahun ini Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai melaksanakan Salat Idul Fitri 1443 Hijriyah yang diikuti ribuan umat Islam Kota Tanjungbalai di Alun-alun Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah (Lapangan Pasir) Tanjungbalai, Senin (2/5/2022).

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib bertindak langsung sebagai Katib sementara yang menjadi Imam Abul Barro Al Auja’i serta H Haidir Siregar selaku bilal.
Sebelum pelaksanaan Salat Idul Fitri Plt Wali Kota H Waris Tholib mengucapkan selamat hari raya bagi seluruh umat muslim di Kota Kerang.

“Atas nama Pemerintah Kota Tanjungbalai, saya mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri. Kami memohon maaf jika dalam pelaksanaan salat Idul Fitri ini ada kekurangan,” ucapnya.

“Kami senantiasa berupaya untuk memperbaiki Kota Tanjungbalai, baik dari segi infrastruktur¬† kesejahteraan, pelayanan maupun kesehatan masyarakat. Jika hal itu semua belum bisa kami realisasikan dengan baik, maka izinkan saya atas nama pemerintah Kota Tanjungbalai memohon maaf,” tutur Waris lagi.

“Semoga Kota Tanjungbalai ke depannya semakin lebih baik lagi, sehingga terwujudlah Tanjungbalai yang bersih, berprestasi, religius, sejahtera indah dan harmonis. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin,” ujarnya.

Dalam khotbah Salat Idul Fitri, H Waris Tholib mengajak para jemaah untuk mengambil pelajaran dari berpuasa. Waris berpesan kepada umat Islam di Tanjungbalai agar tetap menjaga motivasi dan semangat untuk beribadah. Ia berharap pada masa mendatang umat Islam secara umum di Tanjungbalai rajin beribadah.

“Puasa merupakan ibadah yang istimewa. Senantiasalah bertauhid kepada Allah. Perbaiki ibadah, tingkatkan iman dan bertakwalah. Semoga Allah SWT menerima ibadah puasa yang kita laksanakan dan dapat meringankan timbangan dosa kita kelak di akhirat,” katanya.

Khotib Waris yang juga selaku Kepala Daerah mengatakan bahwa umat Islam harus meneladani Rasulullah SAW. Selain itu, katanya, menjaga semangat hidup rukun, simpati, dan empati kepada yang lain.

“Allah telah menetapkan dalam Al-quran, contoh untuk di ikuti. Saya selaku pemimpin daerah berupaya untuk mengikuti Rasulullah. Begitu juga dengan saudara-saudaraku sekalian. Dalam lingkup bertetangga, bermasyarakat, berorganisasi, sampai dalam mengurusi rumah tangga, ikutilah Rasulullah. Agar istri dan anak-anak keluarga kita berada di jalan yang benar,” paparnya.

Waris menekankan umat Islam diperintahkan tidak hanya saleh dengan Allah tetapi juga saleh dengan sesama makhluk hamba-Nya.

“Marilah kita masing-masing introspeksi dan fokus untuk memperbaiki diri sendiri. Kita harus memiliki kekuatan spritual yang baik. Jangan lagi membandingkan diri orang lain dengan diri kita. Mampukan diri kita membedakan kemampuan dan keinginan. Hidup ini tidak boleh sombong dan janganlah merasa berkuasa. Sesungguhnya kekuasaan dan kesombongan hanya kepunyaan Allah SWT,” ungkapnya.

Usai melaksanakan ibadah salat Ied, Plt Wali Kota Tanjungbalai menyempatkan diri berswafoto dengan para jemaah yang menghampirinya. Adapun tema pelaksanaan Salat Idul Fitri di Tanjungbalai tahun ini.

“Kita Raih Manfaat Puasa, Dalam Membangun Semangat Baru Untuk Tanjungbalai yang Bersih.
Turut mengikuti Salat Ied Anggota DPRD Antony Darwin, Ketua MUI Hajarul Aswadi, Asisten II¬† Zainul Arifin dan para Kepala OPD. Salat Idul Fitri di Tanjungbalai berjalan dengan tertib dan lancar. Arus lalu lintas di lokasi juga diatur secara tertib oleh aparat Polres Tanjungbalai, Personel Satpol PP dan Dishub,”katanya. (Vin)¬†

Mungkin Anda juga menyukai