MEDAN (medanbicara.com) – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumut segera melaunching Surat Izin Mengemudi (SIM) Online serentak skala nasional. Di Medan, gelaran ini akan berlangsung di Lapangan Merdeka, Minggu (6/12) mendatang

Dirlantas Polda Sumut, Kombes I Wayan menyebut, pada launching ini akan disiapkan tiga unit mobil pengurusan SIM secara Online.

“Launching SIM Online akan kami gelar secara serentak skala nasional. Acara peresmian SIM Online ini berpusat di Jakarta yang rencananya akan dibuka Presiden Joko Widodo,” ujar I Wayan, Jumat (4/12).

Peluncuran SIM Online ke depannya, diharapkan bisa lebih mengefektifkan pengurusan dan meningkatkan pelayanan pengurusan SIM secara Online kepada masyarakat.

“Kemudahan dari SIM Online sangat membantu bagi penduduk luar kota dan provinsi. Karena, dengan adanya sistem online masyarakat bisa mengurus dan memperpanjang SIM di Polresta Medan yang merupakan satu-satunya Satuan Penerbit Administratif SIM di Sumatera Utara,” ujarnya

Adanya sistem online, penduduk luar Kota Medan dan Provinsi bisa mengurus dan memperpanjang SIM secara online tanpa harus balik ke lokasi asal. SIM Online juga diharapkan menghindari percaloan. Selain itu, keefektifan dari sistem online adalah kecepatan waktu. Pemohon hanya memerlukan waktu lima menit dalam pengurusannya.

Untuk mempermudah pengurusan perpanjangan SIM Online diimbau dilakukan dua minggu sebelum masa berlaku habis.

“Biaya yang dikenakan sesuai peraturan Presiden nomor 50 tahun 2010, SIM A dikenakan biaya Rp 80 ribu, sementara untuk biaya SIM C Rp 75 ribu,” ungkap I Wayan.

Kasatlantas Polresta Medan, Kompol Rudy Silaen menyebutkan, adapun persyaratan yang perlu dibawa berupa surat kesehatan yang bisa diperoleh di Pusat Kesehatan Masyrakat (Puskesmas) atau klinik manapun.

Disebut dalam launching skala nasional ini, nantinya Polda Sumut akan menyiapkan mobil SIM keliling di beberapa lokasi yang dianggap vital dan sentral penduduk. Di antaranya adalah Lapangan Merdeka dan Satuan Lalu Lintas Medan. Untuk di daerah luar Kota Medan, juga direncanakan akan ditingkatkannya pelayanan ke daerah-daerah kota lainnya.

“SIM Online ini akan memudahkan penduduk asal provinsi lain di Luar Kota Medan yang selama ini menetap atau berada di Medan,” pungkas Rudy Silaen. (koko)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY