Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara, Nawal Lubis Edy Rahmayadi, SE dan Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH. di Kantor Kelurahan Simalingkar B, Jalan Pintu Air IV, Medan, Selasa (6/11).

MEDAN (medanbicara.com)-Wakil Walikota Medan, Ir H Akhyar Nasution berharap Kelurahan Simalingkar B menjadi duta Kota Medan untuk mengikuti perlombaan Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman melalui PKK (Hatinya PKK) Tingkat Provinsi Sumatera Utara 2018.

Hal ini terungkap dalam acara kunjungan Tim Evaluasi TP PKK Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara, Nawal Lubis Edy Rahmayadi, SE di Kantor Kelurahan Simalingkar B, Jalan Pintu Air IV, Medan, Selasa (6/11).

Kunjungan Tim Evaluasi ini diterima Wakil Walikota Medan bersama Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH.

Lomba ini diikuti oleh seluruh Kelurahan di Provinsi Sumatera Utara dan Kota Medan, menargetkan Kelurahan Simalingkar B mampu keluar sebagai juara satu pada tahun ini.

Dikatakan Wakil Walikota, Hatinya PKK tidak terlepas dari pemanfaatan lahan perkarangan rumah yang ada.

“Artinya lahan perkarangan rumah yang kita miliki dapat dimanfaatkan tentunya akan terlihat asri sehingga akan tercipta kenyamanan. Selain itu Hatinya PKK akan menjadi salah satu sumber pendapatan dan peningkatan ekonomi keluarga,” katanya.

“Saya berharap selain mengikuti lomba Hatinya PKK tingkat Provinsi Sumatera Utara, Kader PKK di tingkat Kelurahan juga dapat mensosialisasikan kegiatan Hatinya PKK kepada masyarakat sehingga kita memiliki lingkungan yang nyaman dan asri serta bermanfaat untuk keluarga,” kata Wakil Walikota.

Kemudian Wakil Walikota mengingatkan, hadirnya Tim Evaluasi TP PKK Provinsi Sumut, dalam mengevaluasi dan memberikan bimbingan kepada TP PKK Kelurahan Simalingkar B, khususnya pada program pemanfaatan tanah perkarangan melalui Hatinya PKK.

Sebelumnya, Ketua TP. PKK Kota Medan Hj. Rita Maharani Dzulmi Elson, SH mengatakan Gerakan Hatinya PKK meliputi pemanfaatan pekarangan dengan tanaman, diantaranya kebun gizi keluarga dengan buah dan sayur, apotik hidup dengan aneka bumbu dan rempah serta tanaman pelindung/tanaman keras.

“Pemanfaatan pekarangan haruslah meliputi kebutuhan keluarga seperti menanam buah dan sayur, tanaman obat-obatan, tanaman keperluan dapur dan tanaman keras yang dapat menjadi tanaman pelindung,” kata Ketua TP PKK.

Selain memperhatikan tanaman yang akan ditanam, sambung Rita, penataan halaman juga harus diperhatikan dengan menata sarana pembuangan limbah rumah tangga dan penataan aneka tanaman sehingga menimbulkan kesan asri.

“Penataan halaman harus juga menjadi perhatian. Sarana pembuangan limbah rumah tangga harus lebih diperhatikan agar tidak terdapat genangan yang akan menimbulkan penyakit. Selain sarana pembuangan, tanaman yang akan ditanam juga harus ditata rapi agar menimbulkan keteraturan dan kesan asri bagi pemilik rumah,” ujar Rita.

Kegiatan evaluasi ini, lanjut Rita, diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada Kelurahan Simalingkar B agar dapat mengevaluasi kekuarangan yang ada selama ini dan memperbaikinya. Rita juga mengingatkan kepada seluruh pengurus dan kader TP PKK Kelurahan Simalingkar B, untuk tulus ikhlas dalam menjalankan program-program yang ada, jika dilaksanakan dengan tulus tentu perubahan yang diharapkan atas program PKK ini dapat terlaksana.

“Poin yang harus diingat adalah perubahan yang terjadi pada masyarakat atas program Hatinya PKK. Program kerja dikatakan berhasil jika masyarakat turut melaksanakan apa yang telah dirancang oleh TP. PKK. Menjadi nominasi lomba merupakan bonus yang didapat atas kerja keras tersebut,” pungkas Rita.

Selanjutnya, Ketua TP. PKK Provinsi Sumatera Utara, Nawal Edy Rahmayadi, SE menyampaikan selamat atas masuknya kelurahan Simalingkar B ke dalam nominasi lomba Pemanfaatan Tanah melalui Hatinya PKK tingkat Provinsi Sumatera Utara.

“Masuknya Kelurahan Simalingkar B ini sebagai nominasi lomba Pemanfaatan Tanah melalui Hatinya PKK merupakan hasil kerja keras dari seluruh elemen baik itu pengurus dan kader TP. PKK dibantu Camat beserta jajarannya. Saya mengucapkan selamat, namun ini masih permulaan, saya berharap prestasi ini tidak menjadikan pengurus dan para kader lengah, tetapi jadikan ini sebagai motivasi serta kelurahan-kelurahan lainnya dapat mencontoh prestasi ini,” kata Nawal.

Dalam kesempatan ini Ketua TP PKK Kelurahan Simalingkar B juga memaparkan kemajuan dari program Hatinya PKK yang telah dilaksanakan di Kelurahan Simalingkar B, serta prestasi yang telah didapat selama ini. Selain pemaparan, Tim Evaluasi juga melakukan pengecekan lapangan di kebun Hatinya PKK yang ada di kelurahan Simalingkar B.

Dalam Kunjungan Tim Evaluasi ini turut hadir Ketua Tim Evaluasi Provinsi Sumatera Utara, Herawati Oka Badaruddin beserta rombongan, Wakil Ketua I TP PKK, Hj Nurul Khairani Akhyar, Kadis P3APM Kota Medan, Damikrot SSos, Kadis Koperasi UMKM Kota Medan, Emilia Lubis, Kadis Pertanian dan Kelautan, Ihsyar Marbun, Kadis PPKB Kota Medan, dr Edwin Effendi, Camat Medan Tuntungan, Gelora KP Ginting, Ketua TP. PKK Kecamatan Medan Tuntungan beserta jajaran pengurus, Para Lurah se Kecamatan Medan Tuntungan bersama Ketua TP. PKK kelurahan.(rel/kom)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY