Adu tajam striker 4 kontestan. (twitter)

MEDAN (medanbicara.com)- Bayern Muenchen (Jerman) dan Real Madrid (Spanyol) menyusul AS Roma (Italia) serta Liverpool (Inggris) di semifinal Liga Champions 2017/18. Ini akan menjadi pertama kalinya semifinal Liga Champions diwakili empat negara papan atas dalam urusan liga.

Muenchen lolos ke Empat Besar perebutan Si Kuping Lebar (sebutan lain untuk trofi Liga Champions) setelah unggul agregat 2-1 atas Sevilla. Setelah menang 2-1 di kandang Sevilla pekan lalu, Muenchen hanya bermain imbang 0-0 di Allianz Arena, Kamis (12/4) dini hari tadi.

Sementara Real Madrid dengan dramatis ke semifinal usai menyingkirkan Juventus dengan agregat 4-3.

Undian semifinal Liga Champions akan digelar di Nyon, Swiss, Jumat (13/4) malam WIB. Drawing besok juga sekaligus menentukan tim mana yang berstatus tuan rumah pada final di Kyiv, 27 Mei nanti.

Sejumlah drama terjadi pada pertandingan Real Madrid vs Juventus di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu (11/4/2018) atau Kamis dini hari WIB. Paling dramatis adalah kartu merah Gianluigi Buffon dan penalti Cristiano Ronaldo pada pengujung laga. Laga ini dimenangi Real Madrid dengan skor 3-1 sehingga berhak lolos ke semifinal dengan agregat 4-3. Namun, Madrid nyaris memainkan perpanjangan waktu lantaran Juventus bisa atasi defisit tiga gol melalui gol Gol Mario Mandzukic (2, 37′) dan Blaise Matuidi (61′). Akan tetapi, gol penalti Cristiano Ronaldo pada pengujung laga menamatkan langkah Juventus. Real Madrid untuk kali ke-8 beruntun melangkah ke semifinal Liga Champions.

Berikut sejumlah drama yang terjadi pada Real Madrid Vs Juventus:

1. Gol cepat Mario Mandzukic Pada laga ini, Mario Mandzukic berhasil mencetak gol kilat, yaitu hanya 76 detik setelah laga dimulai. Gol cepat Mandzukic ini memantik motivasi para pemain Juventus untuk bisa mengatasi defisit skor agregat. Mandzukic pula yang membuat gol kedua timnya. Gelandang Juventus, Blaise Matuidi, mengambil bola dari gawang Real Madrid setelah Mario Mandzukic sukses menaklukkan Keylor Navas pada laga perempat final kedua Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu (11/4/2018). Gelandang Juventus, Blaise Matuidi, mengambil bola dari gawang Real Madrid setelah Mario Mandzukic sukses menaklukkan Keylor Navas pada laga perempat final kedua Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu (11/4/2018).

2. Skor agregat sama kuat Setelah unggul 2-0 pada babak pertama, Juventus berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Blaise Matuidi pada menit ke-61 sehinga skor agregat menjadi sama kuat. Ini merupakan gol ke-7 dia pada Liga Champions sejak November 2016.

3. Pelanggaran Medhi Benatia Pada menit ke-90+3, Benatia melanggar Lucas Vasquez di kotak penalti. Dia tampak mendorong Vasquez dan kakinya terangkat terlalu tinggi saat memperebutkan bola umpan sundulan Cristiano Ronaldo. Wasit Michael Oliver pun menunjuk titik putih dan para pemain Juventus, terutama Gianluigi Buffon protes.

4. Kartu merah Gianluigi Buffon Buffon melakukan protes terhadap Michael Oliver. Dianggap terlalu berlebihan, kapten Juventus itu lantas mendapat kartu merah pada menit ke-90’+4. Inilah kartu merah pertama Buffon pada ajang Liga Champions. Selain Buffon protes juga dilakukan oleh pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, di tepi lapangan. Dia lantas memasukkan Wojciech Szczesny menggantikan Gonzalo Higuain untuk menghadapi eksekusi penalti.

5. Penalti Cristiano Ronaldo Protes para pemain Juventus membuat laga tertunda. Ronaldo baru mengeksekusi penalti pada menit ke-90’+8 atau lima menit setelah pelanggaran. Lantaran membuka baju untuk melakukan selebrasi, dia pun diganjar kartu kuning. Peluit panjang berbunyi pada menit ke-90’+10. Real Madrid pun lolos ke semifinal Liga Champions.

Semifinalis Liga Champions 2017/18

Real Madrid
Ranking UEFA: 1
Musim ini: Main 10, menang 7, Seri 1, Kalah 2
Top skor: Cristiano Ronaldo (15)
Semifinal terakhir: 2016/17, menang atas Atletico Madrid agregat 4-2

Bayern Muenchen
Ranking UEFA: 3
Musim ini: Main 10, Menang 8, Seri 1, Kalah 1
Top skor: Robert Lewandowski (5 gol)
Semifinal terakhir: 2015/16, kalah dari Atletico Madrid agregat 2-2

AS Roma
Ranking UEFA: 23
Musim ini: Main 10, menang 5. seri 2, kalah 3
Top skor: Edin Dzeko (6 gol)
Semifinal terakhir: 1983/84, menang atas Dundee United 3-2

Liverpool
Ranking UEFA: 25
Musim ini: Main 10, menang 6, seri 4, kalah 0
Top skor: Mohamed Salah, Roberto Firmino (8 gol)
Semifinal terakhir: 2007/08, kalah dari Chelsea 3-4

(jpp/blc/twt/indra)

TIDAK ADA KOMENTAR