Wabup Tinjau Vaksinasi Tahap I Bagi Keluarga di Desa Dalu XB

Deli Serdang (medanbicara.com) -Untuk menekan penyebaran sekaligus memutus mata rantai Covid-19, Kabupaten Deli Serdang terus menggencarkan Vaksinasi bagi masyarakat yang berada di wilayahnya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah Kolaborasi bersama antara Dinas Pengendalian Penduduk,KB dan Pemberdayaan Perempuan,Perlindungan Anak (P2KB dan P3A) dan Dinas Kesehatan melalui Bidan Mandiri yang tergabung dalam Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

Untuk itu, Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar mengunjungi salah satu Tempat Praktek Mandiri Bidan (TPMB)  yaitu Praktik Bidan Sutrianingsih Str. Keb., yang berada di Desa Dalu X B kecamatan Tanjung Morawa, Kamis (21/10/2021). Kegiatan vaksinasi ini bagi keluarga yang belum divaksin.

Praktek Bidan Sutrianingsih Str Keb merupakan salah satu dari 14 TPMB di 9 Kecamatan. Dari 9 Kecamatan  yaitu Kecamatan Bangun Purba, Percut Sei Tuan, Beringin, Tanjung Morawa, Lubuk Pakam, Pantai Labu, Sunggal, Hamparan Perak dan Labuhan Deli.

Pelayanan vaksinasi diberikan dengan sasaran terhadap ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak usia 12 sampai dengan 17 tahun, namun ada juga para bapak-bapak yang ikut vaksin.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Deli Serdang memberikan semangat kepada warga yang akan divaksin.

“Jangan takut ibu-ibu untuk disuntik karena tidak sakit, masih sakitan ketika dicubit jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan ya.” canda Wabup.

“Kegiatan ini sebagai langkah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid meskipun Deli Serdang sudah berada di level 1 PPKM,” tutur Wabup.

Wabup berharap, semua warga di Deli Serdang yang memenuhi syarat bisa divaksin. Sehingga Kabupaten Deli Serdang bisa terhindar dari Covid-19 yang juga melanda dunia.

Wabup mengimbau kepada masyarakat yang belum divaksin, segera datangi Puskesmas dan TPMB yang ditunjuk oleh Pemkab Deli Serdang, ajak keluarga, tetangga dan masyarakat agar mau divaksin.

Kadis P2KB dan P3A Era Permatasari SH MM menjelaskab bahwa tujuan dari pelaksanaan gerakan vaksinasi keluarga secara umum menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Virus Covid-19, secara khusus meningkatkan cakupan target vaksinasi Covid-19 bagi keluarga tahun 2021 dan mengoptimalkan peran bidan terutama TPMB (Tempat Praktek Mandiri Bidan) dalam program percepatan vaksinasi Covid-19 bagi keluarga.

Kabupaten/Kota dengan sasaran keluarga di bawah koordinasi BKKBN Provinsi Sumatera Utara bekerjasama dengan Dinas Kesehatan yang pelaksanaanya oleh Dinas P2KB dan P3A Kab Deli Serdang.”Kata Era Permatasari

Total 14 TPMB 9 Kecamatan dengan sasaran vaksinasi 700 orang/hari. Dengan target  vaksinasi tahap I di TPMB 50 0rang/hari. Sembilan kecamatan yang akan melakukan vaksinasi di TPMB untuk tahap I yang pelaksanaanya pada tanggal 18 Oktober  s/d 23 Oktober 2021,” terangnya.(man)

Mungkin Anda juga menyukai