Plt Wali Kota Ajak Masyarakat Kota Medan Tanamkan Budaya Bersih Sejak Dini

MEDAN (medanbicara.com)-Menanamkan peradaban bersih bagi seluruh masyarakat Kota Medan khususnya kepada para siswa/i salah satunya dilakukan dengan cara menimbulkan budaya bersih dan menjaga kelestarian lingkungan hidup sejak dini. Atas dasat itulah, Pemko Medan melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan menggelar kompetisi berbasis lingkungan hidup untuk siswa/i tingkat SD dan SMP di Focal Point Mal Jalan Ringroad Medan, Selasa (19/11).

Kompetisi yang mengusung tema “Biru Langitku Hijau Bumiku” dibuka langsung oleh Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi. Adapum tujuan diadakannya kompetensi ini untuk memberikan pembelajaran dan penyadaran bagi guru dan siswa agar menjadi lebih peduli dan berbudaya lingkungan.

“Dengan terbentuknya peradaban bersih ini kita berharap budaya bersih ini bisa dilaksanakan dan diterapkan di seluruh wilayah Kota Medan,” kata Plt Wali Kota Medan.

Dalam kesempatan ini Plt Wali Kota Medan juga menyampaikan bahwa Pemko Medan telah mengeluarkan surat edaran bagi pekantoran, pelaku usaha, hotel dan restauran tentang percepatan pengurangan dan penanganan sampah. Artinya masyarakat di minta untuk melakukan pemilahan sampah, tidak melakukan pembakaran sampah, menerapkan pengurangan sampah plastik dan mengkampanyekan penggunaan tempat minum isi ulang (tumbler).

“Ini penting kita lakukan mengingat produksi sampah yang dihasilkan di Kota Medan sangat besar terutama dari sampah plastik, karena itu melalui gerakan ini saya mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan guna mewujudkan kota Medan yang bersih dan nyaman bagi kita semua,” ajak Plt Wali Kota Medan.

Sebagai bentuk komitmen pengurangan sampah plastik tersebut, Plt Wali Kota Medan menyerahkan tumbler dan keranjang sebagai wadah pengganti plastik kepada guru dan siswa yang mengikuti kompetisi.

Sebelumnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan Syarif Armansyah Lubis SH dalam laporanya menjelaskan kompetisi ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 19-21 November 2019 dengan diisi berbagai perlombaan seperti lomba melukis, lomba pengetahuan lingkungan hidup, lomba pidato, dan lomba kreasi daur ulang.

Peserta yang mengikuti kompetisi ini sebanyak 150 orang peserta yang berasal dari sekolah SD dan SMP se-Kota Medan. Pembukaan kompetisi ini turut dihadir Ketua DPRD Kota Medan Hasyim SE Camat Medan Selayang Sutan Tolang Lubis, Camat Medan Tuntungan Topan OP Ginting serta unsur FKPD Kota Medan. (rel/kom/KR)

Mungkin Anda juga menyukai