CALEG GOLKAR

Irjen Tabana Bangun Luncurkan Buku ‘Nilai-Nilai Budaya Masyarakat Kepri’

Batam (medanbicara.com) – Untuk memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan Polri.
Kapolda Kepulauan Riau, Irjen Tabana Bangun meluncurkan sebuah karya yang menakjubkan. Buku berjudul “Nilai Budaya Masyarakat Kepulauan Riau dalam Perspektif Binkamtibmas” menghiasi perayaan Hari Bhayangkara tersebut.

Peluncuran buku bertepatan dalam momentum peringatan Hari Bhayangkara ke-77 yang dipenuhi semangat dan kegembiraan.

Dalam sambutannya, Kapolda Kepri menuturkan bahwa Wilayah Kepulauan Riau yang dianugerahi keberagaman agama, suku, dan adat istiadat yang telah menjadi bagian dari dinamika kehidupan masyarakat, yang kemudian mewujudkan dorongan guna penulisan buku ini. Disamping itu, penulisan buku ini dilandasi dengan pertimbangan bahwa wilayah geografis Kepulauan Riau, berdekatan dengan sejumlah pengaruh budaya dari negara tetangga, yang telah lama berlangsung, namun stabilitas keamanan tetap kondusif. Disisi lain, Polri yang memiliki tanggung jawab di bidang keamanan, harus selalu mampu mengikuti perkembangan lingkungan strategisnya, termasuk dinamika nilai budaya masyarakatnya sendiri.

Buku ini adalah hasil dari kolaborasi luar biasa antara penulis, para ahli, dan berbagai tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama yang berperan penting dalam menghadirkan pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai budaya lokal yang hidup dan berkembang di Kepulauan Riau.

“Nilai Budaya Masyarakat Kepulauan Riau dalam Perspektif Binkamtibmas” bukan sekadar melihat kehidupan masyarakat dari permukaannya saja. Buku ini mencoba mengarahkan pemahaman kita, untuk menyelami kehidupan masyarakat Kepulauan Riau dengan cara yang aktual dan komprehensif.

“Dalam buku ini, kita akan menemukan berbagai kajian yang mendalam tentang keamanan dalam kehidupan masyarakat, sehingga Kepulauan Riau menjadi sebuah representasi kecil dari terjaganya Kebhinekaan Indonesia yang terwujud dalam bingkai Pancasila,”ujarnya.

Harapan adalah agar buku ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi personel Polri dan masyarakat pada umumnya. Buku ini akan menjadi sebuah referensi dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai kearifan lokal, yang merupakan landasan yang kuat dalam membangun harmoni suku bangsa dalam bingkai persatuan bangsa Indonesia. Dengan memelihara nilai-nilai budaya yang kaya dan hidup, mudah mudahan kita akan mencapai cita-cita mulia Visi Indonesia Emas 2045.

Dalam perjalanan menemukan dan menggali nilai-nilai budaya yang menjadi panduan dalam kehidupan masyarakat Kepulauan Riau, penulis menyoroti dinamika kehidupan masyarakat dan semangat kearifan lokal yang hidup dalam hati mereka. Di tengah kehidupan yang terbuka dan harmonis, masyarakat Kepulauan Riau menjunjung tinggi sikap saling menghormati dan toleransi, serta menjadikan musyawarah mufakat sebagai landasan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan.

Buku ini bukanlah semata-mata bacaan semata, tetapi sebuah upaya mengungkap konsep hidup yang terpelihara di tengah masyarakat Kepulauan Riau. Di sinilah kita menemukan pepatah yang bijak, “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”. Pepatah ini memberikan pengajaran yang mendalam kepada masyarakat untuk saling menghormati adat istiadat yang berlaku di lingkungan tempat tinggal mereka.

“Dalam perjalanan penulisan buku ini, penulis telah mencoba merangkai kearifan lokal tentang prinsip hidup masyarakat Kepulauan Riau. Penulis, sebagai Kepala kepolisian Daerah Kepulauan Riau, memiliki keinginan yang kuat untuk memahami dan menyelami kehidupan masyarakat Kepulauan Riau yang menjunjung tinggi nilai toleransi dan dilandasi semangat mewujudkan kedamaian dan kesejahteraan bersama,”tandasnya.

Dalam buku ini, saya mencoba menggambarkan hasil penelusuran tentang nilai-nilai yang dijaga oleh masyarakat, demi kedamaian dan kesejahteraan masyarakat Kepulauan Riau, yang terdiri dari beragam suku, agama dan budaya. Meskipun berbeda suku bangsa, mereka tetap dapat hidup harmonis sesuai dengan nilai-nilai adat istiadatnya.

Dalam semangat peringatan Hari Bhayangkara yang ke-77, mari kita bersama-sama menjaga dan memelihara kearifan lokal, serta menghormati perbedaan di tengah masyarakat yang majemuk. Semoga buku ini menjadi bagian dari sumber inspirasi untuk menumbuhkan semangat kebhinekaan melanjutkan perjuangan /pembangunan dalam segala aspek kehidupan termasuk mewujudkan keamanan yang kondusif, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan di Kepulauan Riau.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penulisan buku ini, yang telah memberikan kontribusi berharga untuk menghasilkan karya ini. Semoga semangat kolaborasi ini terus terjaga dan memberikan inspirasi bagi kita semua dalam membangun masa depan yang lebih baik,”pungkas Jenderal Bintang Dua ini. (rel/za)

Mungkin Anda juga menyukai