Mahasiswi Unimed Hanyut di Sungai Sirahar Humbahas Ditemukan 100 Meter di Dalam Jurang

HUMBAHAS (medanbicara.com)-Seorang mahasiswi Universitas Negeri Medan (Unimed), Rahul br Siringo-ringo (18) yang dilaporkan hilang di aliran Sungai Sirahar, Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, ditemukan tewas oleh tim gabungan, Senin (13/9).

Koordinator Pos SAR Parapat Danau Toba, Hisar Turnip mengatakan, pihaknya berhasil menemukan korban hanyut yang terbawa arus Sungai Sirahar, di Desa Pusuk 2, Kecamatan Parlilitan, Humbanghasundutan.

“Benar, korban sudah terlihat dari atas pinggiran sungai. Namun kondisi medan di lapangan sedikit menyulitkan tim untuk mengevakuasi korban,” ujar Hisar dalam keeterangan tertulisnya yang diterima wartawan, Senin (13/9).

Kondisi medan yang sulit mengharuskan tim untuk membuat sistem tali temali agar mempermudah proses evakuasi korban dari dalam sungai di kedalaman jurang sekitar 100 meter oleh “rescuer”.

Disebutkan, posisi jasad korban ditemukan tim sekitar pukul 09.30 WIB, tidak jauh dari lokasi awal korban hanyut yang berjarak sekitar 50 meter.

“Namun akhirnya sekitar pukul 13.30 WIB, korban berhasil kita angkat dan kita evakuasi, selanjutnya kita serahkan kepada pihak keluarga untuk disemayamkan di rumah duka,” terangnya.

Hisar Turnip mengatakan, bahwa korban ditemukan sekitar pukul 13.30 WIB dalam keadaan meninggal dunia.

Ia mengatakan bahwa saat ini jenazah korban sudah diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan.

“Seluruh unsur yang terlibat mengucapkan berduka cita untuk keluarga yang ditinggalkan,” ujarnya.

Sebelumnya, Rahul br Siringo-ringo dilaporkan hanyut di Sungai Sirahar pada Ahad (12/9) sekitar pukul 16.30 WIB saat berenang bersama lima rekannya.

Saat itu cuaca di sekitar lokasi turun hujan cukup deras, sehingga menyebabkan air sungai meluap dan menyeret tubuh mereka. Rekan korban berhasil menyelamatkan diri sementara korban hanyut terbawa arus sungai.

Teman korban yg selamat langsung melaporkan kejadian tersebut kepada warga sekitar dan kepada BPBD Humbahas, selanjutnya dilakukan pencarian namun korban tidak ditemukan hingga akhirnya dilaporkan kepada petugas siaga Pos SAR Parapat Danau Toba. (ant)

Mungkin Anda juga menyukai