307 Cakades Asahan Deklarasi Damai

KISARAN (medanbicara.com) – Sebanyak 307 dari 89 Desa Calon Kepala Desa (Kades) akan berkontestasi dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak bergelombang Kabupaten Asahan tahun 2022 ikut deklarasi Pilkades Damai. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) Rambate Rata Raya, Senin (05/09/2022).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kab. Asahan Suherman Siregar, SSTP, MM menjelaskan desa sebagai otonomi asli punya peran strategis sehingga perlu perhatian serius. Dengan telah ditetapkannya calon kepala desa sekaligus undian no urut calon kades 307 orang maka untuk memahami tahapan selanjutnya dan menciptakan iklim yang sejuk saat Pilkades perlu dilaksanakan deklarasi damai hari ini.

“Maksud dan tujuan deklarasi ini adalah untuk mensukseskan Pilkades sesuai peraturan perundangan. Menciptakan Pemilihan Kepala Desa yang Jujur, Aman, Adil dan berkualitas serta menjaga situasi yang tertib dan kondusif. Selain itu juga dalam rangka mensosialisasikan Deklarasi Pilkades Damai kepada seluruh pendukung dan simpatisan calon kades masing-masing,” ungkapnya.

Deklarasi Pilkades Damai ini juga dihadiri Forkopimda, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi, jajaran Kepala OPD, Camat, Panitia Pengawas, Kades, Pj Kades, Plh Kades, ketua BPD, Ketua Pemilihan Kades, serta calon kades. Selain mengikrarkan komitmen Pilkades Damai, mereka juga mendatangani bersama komitmen tersebut di kain putih yang disediakan.

Seluruh Calon Kepala Desa mengikuti Pilkades Serentak Bergelombang membacakan Deklarasi dipimpin Calon Kepala Desa Buntu Pane Manten Aperi Simbolon.

Kapolres Asahan AKBP. Roman Smaradhana, SH, SIK, MH berharap Pikades Serentak bergelombang di Kabupaten Asahan dapat berjalan Aman, Tertib dan Damai. Ia menekankan pentingnya menciptakan Pilkades aman, tertib dan damai. Salah satu langkah diambil satu Desa Satu TPS. Ini agar memudahkan pengawasan Pilkades sehingga berjalan Kondusif,Aman dan bermartabat.

Bupati Asahan H. Surya, BSc mengucapkan selamat kepada para calon Kepala Desa. “Semoga senantiasa diberi kesehatan sehingga bisa mengikuti tahapan Pilkades sampai selesai dengan baik,” katanya.(YA)

Mungkin Anda juga menyukai