Pemkab Langkat Gelar Upacara Pembekalan Calon Paskibraka

LANGKAT (medanbicara.com)-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menggelar upacara pembukaan pembekalan, dan pelatihan calon anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibra) Kabupaten Langkat, di Aula Gedung Akper PAL Stabat, Selasa (3/8/2021).

Upacara dipimpin Bupati Langkat, Terbit Rencana PA melalui Wabup Langkat, H Syah Affandin.

Dalam amanatnya, Wabup megharapkan keseriusan yang lebih pada pelatihan ini, sebab selain untuk bertugas mengibarkan duplikat sang Merah Putih pada upacara HUT ke-76 RI di Alun-Alun T Amir Hamzah Stabat, pada 17 Agustus 2021, peserta Paskibraka ini, juga calon pemimpin Kabupaten Langkat, yang akan meneruskan estapet kepemimpinan di Negeri Bertuah di masa mendatang.

“Jadi harus dipersiapkan mentalnya dengan baik,” imbuhnya.

Untuk itu, Wabup meminta kepada seluruh peserta agar giat berlatih, agar semakin dekat dengan keberhasilan saat menjalankan tugas.

“Lebih baik bermandikan keringat di waktu latihan, dari pada bercucuran air mata karena penyesalan dalam kegagalan,” tandasnya.

Sembari menyampaikan, beban berat yang diemban, akan terasa ringan apabila dijalani dengan tulus, Ihklas serta sungguh-sungguh melaksanakannya.

Sementara, penanggung jawab kegiatan, Ede Audia Helmi sekaligus Kabid Bina Kepemudaan Dispora Langkat menjelaskan, peserta Paskibra adalah siswa-siswi terbaik dari SMA/SMK/MA Sederajat Langkat, terpilih melalui seleksi yang ketat.

Dijelaskannya, penjaringan dan penyaringan diambil dari 4 wilayah pelaksanaan. Jumlah peserta ikut seleksi sebanyak 1.009 orang, terdiri dari putra 540 dan 469 putri.

“Mereka berasal dari 86 SMA/SMK/MA sederajat di Langkat, yang diutus dari masing-masing sekolahnya,” papar Ade.

Hingga akhir seleksi tingkat Kabupaten, sebut Ade, hanya menyisakan peserta sebanyak 60 orang, terdiri dari 27 putra dan 31 putri yang berasal dari 25 sekolah di 16 kecamatan yang ada di Langkat.

Selanjutnya, Ade menyampaikan, para peserta yang lolos akan dikarantina untuk pelatihan dan pembekalan.

Selama dalam masa karantina, para peserta akan mengikuti materi pelatihan Paskibraka. Diantaranya materi bela negara, peran pelajar dalam menjaga ketertiban nusantara, narkoba dan penyakit menular seksual.

Serta materi tentang kependidikan, peran serta pemuda pemudi, motivasi dan semangat kepemudaan, dasar-dasar peraturan baris berbaris dan teknik, serta materi formasi pasukan pengibar bendera merah putih.

Turut hadir Plt Kadispora Langkat, H Saiful Abdi, Kadis Kominfo, H Syahmadi, Danramil 07 Stabat Kapten Arh Irohma Harahap mewakili Dandim 0203/Lkt, Kasat Sabara AKP Binsar Aritonang mewakili Kapolres Langkat dan para peserta Calon Paskibraka Langkat. (rel/yan)

Mungkin Anda juga menyukai