Plt Wali Kota Tanjungbalai Kunjungi Bocah Yang Suka Hirup dan Minum Bensin

TANJUNGBALAI (medanbicara.com)-Plt Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Thalib didampingi Camat Datuk Bandar Abu Said dan Ketua Forum anak, aktivis anak sekaligus pegiat anak Kota Tanjungbalai, Agus Salim Hutagalung mengunjungi M Ariyadi Subastian (10), warga Jalan Arteri, Kelurahan Sirantau, Kec Datukbandar, Kota Tanjungbalai, yang memiliki kebiasaan suka menghirup uap dan meminum bahan bakar jenis bensin, Sabtu (2/10/2021).

Saat tiba di rumah Ariyadi, Plt Wali Kota langsung berdialog bersama pihak keluarga dan Ariyadi sendiri.

Waris menyampaikan beberapa pesan kepada Ariyadi agar jangan lagi meminum bensin, lebih banyak mengkonsumsi susu. Kepada orang tua Ariyadi, Waris juga berpesan agar lebih waspada untuk menjaga anak terutama pada saat bermain.

“Kalaupun akan dirujuk ke panti anak oleh pemerintah, hal itu semata mata demi untuk kebaikan tumbuh kembang anak dan kita berharap kebiasaan buruk yang selama hari ini dilakukan Ariyadi Insha Allah bisa pulih kembali,” ujarnya.

Tidak lupa, Waris juga berpesan kepada kepling dan bidan kelurahan untuk dapat saling berkoordinasi untuk mengawasinya. Jika sewaktu waktu membutuhkan bantuan agar segera berkordinasi dengan Camat, pihak Puskesmas ataupun dinas kesehatan sehingga lebih cepat penanganannya.

Terkait kondisi kejiwaan anak akan tetap dalam pengawasan Dokter Jiwa RSUD Tengku Mansyur, Tanjungbalai.

“Untuk psikologis Ariyadi sendiri, pihak RSUD menyarankan perlu penanganan rehabilitasi sosial ke panti rehabilitasi ODH “Bahagia” di Medan,” jelas Waris.

Selain pengobatan, katanya, Ariyadi juga diberikan vitamin dan edukasi terkait cara merubah tingkah laku, Ariyadi butuh perhatian khusus oleh spesialis seperti Psikiater atau Psikolog untuk menyembuhkan kecanduannya, karena itu pihak RSUD menyarankan untuk dilakukan rehabilitasi sosial ODH di Panti Rehabilitasi “Bahagia” Medan.

“Saya berharap kejadian ini tidak terjadi lagi pada anak anak kita yang lain di Kota Tanjungbalai, untuk itu saya meminta kepada para orangtua untuk lebih aktif dalam mengawasi kegiatan dan kebiasan anak anak kita baik  maupun  rumah,” tegas Waris Thalib.

“Dan ini merupakan tanggungjawab kita bersama selaku orang dewasa dan orangtua dari anak anak kita,” ungkapnya.

Sebelum berpisah, Plt Wali Kota Waris Thalib memberikan santunan buat Ariyadi yang diberikan kepada pihak keluarganya.

“Apa yang diberikan Insha Allah bisa sedikit membantu keluarga,” pungkasnya.(Vin)

Mungkin Anda juga menyukai