Kapolresta Deli Serdang Hadiri Kick Off GNPIP Sumut

Deli Serdang (medanbicara.com) -Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Irsan Sinuhaji SIK hadiri Kegiatan Kick Off Gerakan Nasional Pengendaliam Inflasi Pangan (GNPIP) Sumut yang berlangsung di Dusun Jogja Desa Sidodai Ramunia Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Rabu (31/8/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia yang bekerja sama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumatera Utara ini bertujuan untuk mengendalikan laju inflasi melalui inovasi dan digitalisasi pengembangan klaster cabai merah dengan sistem integrated farming, yang akan menopang kesinambungan produksi nasional ke depan.

Adapun momentum ini ditandai dengan penyelenggaraan Kick Off GNPIP Sumatera Utara di Klaster Cabai Merah Juli Tani, Kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan Kick Off turut dihadiri oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda​ Agung, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Anggota Komisi XI Hidayatullah, Gus Irawan, Sihar Sitorus, Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs. Panca Putra Simanjuntak MSi, Pangdam I/ Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Achmad Daniel Chardin​ serta segenap unsur Forkopimda Sumatera Utara.

Selain berfokus pada permasalahan struktural, kegiatan ini juga turut mendorong Gerakan Tanam (Gertam) Cabai di Pekarangan, yang diharapkan akan memotivasi budaya swasembada pangan masyarakat dan mendukung tercapainya kestabilan harga.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung, menyampaikan bahwa Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) hadir sebagai salah satu tindak lanjut arahan Presiden RI dalam Rakornas Pengendalian Inflasi 2022.

“Kita harus mengambil langkah untuk menangani aspek yang lebih struktural, dengan mendorong inovasi dan digitalisasi pertanian seperti yang telah dilakukan oleh klaster cabai merah di Sumatera Utara yang telah menerapkan konsep integrated farming dengan pembuatan pupuk organik secara mandiri hingga implementasi sistem lelang terpusat pada sub terminal agribisnis dalam sistem pemasarannya,” kata Juda.

Atas kondisi inflasi yang terjadi, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dalam paparannya menjelaskan, bahwa dalam data yang ia paparkan, Sumut berada pada posisi surplus, terutama untuk cabai merah, beras dan komoditi lainnya. Sehingga Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama unsur Forkopimda mencari tahu penyebabnya.

Terkait hal ini Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Irsan Sinuhaji SIK menyampaikan siap tingkatkan sinergi dan komitmen bersama seluruh stakeholder Kabupaten Deli Serdang dalam rangka mendukung pelaksanaan program pengendalian inflasi di daerah. 

“Penguatan di sisi produksi perlu terus didorong melalui pembukaan klaster pangan baru di daerah sentra, Saya berharap inflasi ini jangan sampai menyebabkan krisis pangan. Ini sebagai motivasi, agar kita bisa meningkatkan komoditas pertanian (pangan),” tutur Kapolresta Deli Serdang. (man)

Mungkin Anda juga menyukai