CALEG GOLKAR

Pemprov Sumut Inginkan Kerja Sama Mitigasi Berbasis IT Dengan Jepang

Gubsu T Erry Nuradi saat berfoto bersama dengan perwakilan pemerintah Jepang/ist

MEDAN (medanbicara.com)-Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi menginginkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) kerjasama mitigasi berbasis Informasi Teknologi (IT) dengan pemerintah Jepang.

“Kita menginginkan adanya kerjasama mitigasi dengan pemerintah Jepang dalam waktu dekat,” kata Tengku Erry usai pertemuan studi kebencanaan di kantor Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata (MLIT), Biro Pembangunan Daerah Kanto, Tone River Water System Sabo Office di bawah kaki Gunung Asama Volcano, Jepang, 145 km dari Kota Tokyo, Sabtu (02/12/2017).

Tengku Erry menyebutkan, kerjasama ini penting dan harus ditindaklanjuti untuk mengurangi resiko dan dampak yang diakibatkan bencana terhadap masyarakat yang berada pada kawasan rawan bencana.

“Kita sama-sama mengetahui bahwa Jepang dan Sumut merupakan daerah rawan bencana,” tutur Erry.

Di Sumut sebutnya, terdapat gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini yakni Gunung Sinabung di Kabupaten Karo.

“Tidak hanya bencana letusan gunung berapi, Sumut memiliki risiko tinggi untuk terpapar dan terkena bencana alam lainnya seperti banjir, longsor dan gempa,” katanya.

Tengku Erry menjelaskan, seluruh daerah di Jepang yang merupakan titik rawan bencana dipantau langsung CCTV dan dikontrol melalui command center.

"Deteksi dini dengan penerapan teknologi canggih di Jepang ini sebagai upaya mengurangi jumlah korban akibat bencana," ujarnya.

Untuk itu lautnya, pemprov Sumut mengambil sikap dengan memprioritaskan program pengurangan resiko bencana. Diantaranya, penguatan kelembagaan khususnya organisasi perangkat daerah yang mengurus kebencanaan dan pengintegrasian pengurangan risiko ke dalam rencana tata ruang wilayah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

Dalam pertemuan itu pemerintah Jepang diwakili Deputy Director General Global ICT Strategy Bureau Ministry of Internal Affairs and Comminucations, Yasufumi Tsubaki. Yasufumi menyambut baik kerjasama tersebut nantinya.

Sementara Tengku Erry didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani, Bupati Tapanuli Selatan Syahrul Pasaribu dan Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk. Ikut juga Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis dan Kepala BPBD Kota Medan Arjuna Sembiring. (bsk)

 

Mungkin Anda juga menyukai