Wali Kota Waris Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan

TANJUNGBALAI (medanbicara.com)-Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Tholib Sag MM bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-77 tahun 2022, di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah, Tanjungbalai, Kamis (10/11/22)

Selaku inspektur upacara, Wali Kota Waris dalam momen itu membacakan amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia secara utuh. Dalam amanatnya, Menteri Sosial menyampaikan bahwa hari pahlawan setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh sungguh untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup kita.

“Sebagai bangsa dan negara merdeka, mari kita hidupkan kembali dalam benak kita, perjuangan para pahlawan bangsa, dari para pejuang yang gugur dalam pertempuran mempertahankan kemerdekaan. Penting kita resapi semangat dan keikhlasannya. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2022 ‘Pahlawanku Teladanku’,” ujarnya

“Kehidupan generasi kini dan generasi mendatang harus lebih baik lagi walaupun hal itu tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena para pahlawan kita telah memberikan teladannya. Mereka pada masanya mengajarkan pada kita beragam nilai untuk kita tiru, kita warisi dan kita ikuti. Para pahlawan bangsa telah mengajarkan kepada kita bahwa: Kita Bukan Bangsa Pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah, sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi dengan tangan mengepal, dan dada menggelora,” ungkapnya lagi.

Lebih lanjut Waris menyampaikan, Saudara- saudara sebangsa dan setanah air. Teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kita di peringatan hari pahlawan tahun ini, pahlawanku teladanku. Dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” peringatan hari pahlawan 2022 di harapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang
sekat.

“Jadikanlah semangat dan nilai nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita. Bersama kita kenang dan hormati perjuangan para pahlawan. Bersama kita bangun ingatan kolektif bangsa agar dapat implementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan. Bersama kita perkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam negara kesatuan republik indonesia, yang merupakan amanat pahlawan bangsa,” harap Waris

“Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita mengarungi masa–masa penuh tantangan. Teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi pemenang. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2022,” tutup amanat Mensos RI yang dibacakan Walikota Tanjungbalai H Waris Tholib.

Upacara 10 November di ikuti peserta yang terdiri dari barisan TNI AD, TNI AL, Polres, Brimob, KORPRI, Pramuka, Pelajar, FKPPI dan Kepling se-Tanjungbalai.

Sebelumnya, Pemkot Tanjungbalai juga menggelar upacara ziarah ke taman makam pahlawan yang dipimpin oleh Wali Kota Tanjungbalai dan diikuti Forkopimda, pimpinan perangkat daerah, ASN, TNI dan Polri

Peringatan Hari Pahlawan dihadiri Ketua DPRD Tengku Eswin, Kapolres AKBP Ahmad Yusuf Efendi, Kajari Rufina Br Ginting, Ketua Pengadilan Negeri Yanti Suryani, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Hamdani dan Ketua LVRI Hakim Marpaung.

Selepas upacara di lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah, Wali Kota Tanjungbalai beserta undangan yang hadir menyaksikan pertunjukan Lorong teater Companya perjuangan kemerdekaan oleh siswa/i SMA dan SMP se-Kota Tanjungbalai.(Vin)

Mungkin Anda juga menyukai