YRT Ahlul Qur’an Batu Bara Gelar Semnas WBA Speed Reading untuk Bekali Penghafal Al-Qur’an

Batu Bara (medanbicara.com) – Untuk memudahkan masyarakat dalam menghafal Al-Qur’an, Yayasan Rumah Tahfidz Ahlul Qur’an Kabupaten Batu Bara (YRT Ahlul Qur’an Batu Bara) menggelar Seminar Nasional Whole Brain Activation Speed Reading (Seminar Nasional WBA Speed Reading) di Hotel Grand Malaka, Labuhan Ruku, Tanjung Tiram, Sumatera Utara.

Fahri Ramzi, Pembina YRT Ahlul Qur’an Batu Bara saat diwawancarai melalui akun Whatsapp-nya pada Rabu (25/8/2021) mengatakan, Seminar Nasional tersebut mengangkat tema ‘Teknik Membaca dengan Cepat, Metode Kecepatan Membaca 600 Halaman dalam Waktu 10 Menit’, digelar pada Senin, 23 Agustus 2021, dari pukul 08.00 – 15.00 WIB.

Seminar Nasional WBA Speed Reading tersebut menghadirkan Prof. Toha Maksum, M.M.Pd dari Surabaya sebagai Narasumber, dipesertai oleh 150 siswa dan santri dan seluruh pesantren dan rumah tahfidz, serta kalangan umum dan mahasiswa dari organisasi Islam yang ada di Kabupaten Batu Bara. Para peserta mengikuti acara tersebut dengan sangat antusias dan penuh rasa ingin tahu, karena keunikan metode yang diperkenalkan narasumber.

Fahri Ramzi juga mengatakan, seminar nasional WBA Speed Reading yang diadakan guna mempermudah masyarakat dalam membaca dengan cepat, terutama para santri, semoga mereka mampu membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode cepat baca tersebut, bukan hanya buku novel dan buku umum lainnya, dan semoga mereka juga bisa menerapkan metode tersebut dalam menghafal Al-Qur’an.

“Toha Maksum menemukan hal luar biasa untuk dunia pendidikan. Dengan metode temuannya itu, semoga para peserta seminar nasional yang diadakan oleh YRT Ahlul Qur’an Batu Bara tersebut bisa memiliki kemampuan membaca dan memahami isi buku dengan super cepat,” kata Fahri Ramzi.

Seperti dijelaskan oleh Fahri Ramzi, pada seminar tersebut Prof. Toha Maksum, M.M.Pd menerangkan bahwa metode WBA Speed Reading memiliki kiat dan trik untuk bisa dipelajari, salah satunya dengan melatih otak kanan dengan cara mengingat satu kata dari setiap halaman, setelah itu mengeksplor setiap kata yang dibaca. Metode tersebut memiliki beberapa level yang bisa dipelajari oleh peserta pemula.

Seminar Nasional tersebut juga dihadiri oleh Citra Muliadi Bangun, SE., Anggota DPRD Batu Bara, Fahri Ramzi mengatakan, Citra Muliadi Bangun pada kata sambutannya menyampaikan dukungan pada kegiatan Seminar Nasional WBA Speed Reading yang diadakan YRT Ahlul Qur’an Batu Bara. Menurutnya, kegiatan seminar speed reading ini sangat bermanfaat.

“Metode ini baru pertama kalinya saya ketahui dengan adanya Seminar Nasional yang digelar YRT Ahlul Qur’an Batu Bara, sehingga saya sangat mengapresiasinya. Insyaa Allah, ke depannya dengan adanya metode WBA Speed Reading ini, akan kita perdengarkan, diterapkan, dan akan kita gebrak untuk dunia pendidikan, terkhususnya di Batu Bara, guna membangun minat baca masyarakat,” kata Citra Muliadi Bangun.

Sementara itu, Yasmin Magdalen, Koordinator WBA Speed Reading Sumatera Utara pada kata sambutannya mengatakan, “Metode WBA Speed Reading ini sudah ada sejak lima tahun yang lalu, namun kita baru sekarang mengetahui hal ini, walaupun kita sudah terlambat mengetahui hal ini, tidak menutup diri untuk belajar dari metode WBA Speed Reading tersebut.”

Lebih lanjut Fahri Ramzi mengatakan, penyelenggaraan Seminar Nasional WBA Speed Reading yang diadakan oleh YRT Ahlul Qur’an memperoleh dukungan dari banyak pihak dan kalangan, serta kemudahan dalam menyesuaikan jadwal kosong dari Toha Maksum dan Tim untuk mengisi acara tersebut.

“Persiapan kita untuk melaksanakan Seminar Nasional ini hanya 2 hari, waktu yang sangat singkat. Walaupun begitu, biiznillah, kita tidak menemukan kendala apapun, semuanya berjalan dengan lancar, alhamdulillah,” kata Fahri Ramzi.

Sebagai Pembina YRT Ahlul Qur’an Batu Bara, Fahri Ramzi berharap, semoga para santri yang mengikuti seminar tersebut bisa memahami betul metode yang diajarkan, sehingga mampu mengajarkannya pada teman-teman santri yang lain, bahkan pada santri dari pesantren lain yang ada di Kabupaten Batu Bara, khususnya.

Fahri Ramzi optimis, metode yang sudah didapatkan oleh Master WBA Speed Reading, Prof. Toha Maksum, M.M.Pd. akan ia terapkan di YRT Ahlul Qur’an Batu Bara.

“Kita akan menerapkan sistem baca cepat dalam memahami beberapa buku shiroh dan lainnya. Saya ucapkan terima kasih kepada donatur dan masyarakat yang sudah mensupport kegiatan seminar nasional WBA Speed Reading, semoga dengan adanya seminar ini bisa menunjang pendidikan agar lebih baik, dengan banyak membaca buku sebanyak mungkin, dan semoga bermanfaat bagi kita bersama,” kata Fahri. (rel/Muhammad Fadhli)

Mungkin Anda juga menyukai